//
Wordpress

Fungsi Kategori dan Tag Blog WordPress

Fungsi Kategori dan TagApa Fungsi Kategori dan Tag yang ada di blog WordPress. Dan apa perbedaan keduanya.

Tutorial oleh A. Fatih Syuhud

Aslinya, fungsi kategori adalah untuk kategorisasi atau pengelompokan artikel / posting yg kita tulis. Memang kalau tulisan di blog masih sedikit, masih belum terasa manfaatnya. Tapi kalau artikel yang kita tulis sudah puluhan, ratusan atau bahkan ribuan, kategori menjadi keharusan. Kategori mempermudah kita untuk mencari tulisan yang kita inginkan. Contoh, untuk kumpulan artikel saya yang dimuat di Jawa Pos, misalnya, saya beri kategori “jawa pos” maka saya cukup mengklik kategori “jawa pos” setiap saya memerlukan salah satu tulisan itu. Search engine wordpress juga akan lebih efektif kalau di setiap artikel kita beri kategori yang sesuai.

Fungsi kedua dari kategori adalah mempertajam SEO (search engine optimization) tulisan kita. Sebuah blog yang baru dibuat biasanya tidak langsung dikenal oleh Google.com. Tapi dengan bantuan kategori, tulisan kita akan masuk Google.com walaupun blog kita belom masuk. Hal ini bisa terjadi, karena link kategori tersebut sudah dikenal baik oleh google. Contoh, di artikel yang kita tulis, kita pasang kategori “tutorial blogger” atau “tutorial blog”, maka artikel kita akan masuk dan “dikelompokkan” pada link wordpress bersamaan dengan artikel-artikel lain dengan kategori yang sama.

Oleh karena itulah, mengapa terkadang banyak blogger pengguna wordpress yang dalam satu artikel menggunakan atau memanfaatkan kategori sebanyak-banyaknya–kadang tak berkaitan dengan isi– dengan tujuan supaya semakin sering “dilirik” Google dan mesin pencari lain.

Fungsi Tag

Tag juga tak begitu berbeda dengan kategori. Berfungsi untuk pengelompokan artikel. Konon, sekarang banyak search engine yang mendata setiap artikel yang masuk berdasarkan isi tag atau kategorinya. Kelebihan tag dibanding kategori adalah ia lebih fleksibel. Kita bisa menambah tag di kotak yang tersedia di bawah kotak posting tanpa meninggalkan jejak di barisan kategori di sebelah kanan posting. Jadi, untuk kategori buatlah seperlunya. Yang sesuai dengan isi tulisan. Untuk tag, bolehlah kita isi yang agak “ramai.”

Cara Membuat Kategori

Cara pertama, saat kita menulis artikel, di sebelah kanan ada kotak kosong tulis kategori yang ingin Anda masukkan. Terus klik “Tambah” atau “Add”. Kalau ternyata sudah ada kategori-nya, maka cukup kasih tanda tik (check) pada kategori yang diinginkan.

Cara kedua, dapat dilihat di sini (b.4.) sebagai berikut:

1. Klik “Kelola” atau “Manage”
2. Klik “Kategori” atau “Category”
3. Buat Kategori Baru

Cara Buat Tag

Caranya, pada saat posting, isi kotak yang berada tepat di bawahnya kotak posting dengan tag yang diinginkan.

Salam ngeblog,

About Sanggar Rohman

Kesendirianku kuluangkan dalam goresan kecilku

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

%d blogger menyukai ini: