Apa yang Membanggakan dari Blogmu?

bangga | kebanggaan

Sebelumnya saya singgung sedikit tentang bangga. Bangga adalah kata sifat yang sepertinya dihindari untuk diucapkan kepada diri sendiri oleh banyak khalayak. Alasannya karena bangga bisa membawa kita pada sombong dan sombong membawa kita pada kehancuran. Gitu lhooo :mrgreen: . Ah tidak selamanya itu benar!

Orang kalo gak bangga pada dirinya sendiri atau pada hasil kerjanya…apalagi yang bisa ia banggakan dari dirinya sendiri? Saya duga orang2 semacam ini self esteemnya terganggu berat. Sorry to say, tapi anda dalam kadar yang paling kecil sekalipun harus merasa bangga. Rasa bangga yang sehat tidak membuat anda stuck dan jalan ditempat, justru ia bisa memicu anda untuk berkembang lebih jauh dan lebih jauh lagi.

Ok sekarang kita kembali pada judul artikel ini. Jika pertanyaan tersebut diajukan pada sobat sekalian, apa jawabannya? Ya, apa yang bisa saya banggakan dari blog saya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut butuh proses. Proses butuh waktu. Waktu apa? Pembelajaran.

Proses saya dalam membangun blog justru dimulai dari blog yang dihosting sendiri. Saking gapteknya, saya bahkan tidak tahu ada layanan blog gratisan seperti wordpress.com dan blogspot.com :mrgreen: . Saya jungkir balik mengurus blog dot com tersebut.

Ketika itu yang saya pentingkan bukan isinya, melainkan desainnya. Saya install sendiri, belajar sendiri, membuat eksperimen sendiri sampai akhirnya blog dot com tersebut menjadi seperti apa yang saya inginkan.

Ketika berkenalan dengan wordpress.com, proses pembelajaran saya pun masih disekitar desain. Saya suka menambahkan bermacam-macam float images, flash animation yang berat-berat, video youtube di sidebar  dan musik MP3 yang dapat didengar secara otomatis di blog ini pun juga saya jabanin. Semuanya demi kepuasan pribadi dan saya sangat bangga dengan hasilnya.

Proses pembelajaran berikutnya terjadi ketika saya menyadari hasil SERP (Search Engine Results Page)  blog ini kurang bagus. Disinilah awal saya mengenal SEO. Saya lalu mencari sumber-sumber untuk dipelajari, ditiru dan dimodifikasi.

Dan ketika hasil SERP blog annunaki dan blog dot com saya mulai menunjukkan hasil, kembali saya dikejutkan dengan performa blog-blog tsb yang jeblog. Proses pembelajaran berikutnya pun dimulai. Malam-malam panjang saya habiskan untuk bereksperimen membuat performa dan kecepatan blog saya cukup mumpuni.

Jika saya ditanya pertanyaan diatas, maka jawaban saya adalah: semuanya. Semua dari blog ini membuat saya bangga. Kontennya, desainnya, performanya. Meski belum optimal dan belum memuaskan, blog ini adalah hasil kerja keras saya dan saya patut bangga.

Proses pembelajaran saya dan anda pasti berbeda

Tentu saja. Pengalamannya juga tentu beda. Tapi ada satu yang sama. Yang satu ini adalah modal awal yang dimiliki oleh tiap narablog yang bangga dengan hasil kerjanya. Apa itu? Passion.

Sobat narablog sekalian, biarpun isi blog sobat hanya puisi, curhat, atau cerpen lebay buatan sendiri, bangunlah blogmu dengan passion. Buatlah blog tersebut menjadi semacam jendela dimana orang-orang dapat mengintip langsung ke kedalaman jiwa sobat. Biarkan mereka merasakan passion sobat dan terinspirasi karenanya.

Jika blog sobat menjual barang atau menawarkan jasa, bangunlah blog itu dengan passion yang sedemikian rupa sehingga menawarkan bukan hanya produk secara fisik aja melainkan juga menawarkan passion anda di dalamnya. Passion sobat bisa berupa layanan konsultasi yang baik, atau after sales service yang bagus, dimana calon kostumer dilayani bagaikan raja/ratu.

Jika blog sobat memberikan tutorial, review, tips dan trick, atau sejenisnya maka jadikanlah blog ini semacam ‘one stop information centre’ yang benar-benar lengkap. Mungkin ada banyak topik tutorial atau hanya satu topik saja, it doesnt matter! Yang penting adalah passion anda.

Kalo blog sobat memuat ilmu-ilmu agama, ilmu ekonomi, politik, ilmu pasti, dll berikan semuanya dengan passion. Biarkan pembaca anda merasakan passion itu dalam tiap artikel yang sobat tulis.

Apapun jenis blog sobat sekalian, apapun tujuan sobat ngeblog…passion itulah kunci utamanya. Punyai ini dan lihatlah blog serta diri sobat berkembang dengan pesat. Punyai ini dan saya yakin suatu saat blog sobat akan benar-benar membuat sobat bangga.

Passion inilah yang membuat sobat selalu mau berkembang. Meski sobat bangga dengan hasil kerja sendiri bukan berarti sobat gampang berpuas diri dan tidak ingin berkembang lagi. No! Passion inilah yang akan mendorong sobat untuk mencapai puncak gunung kebanggaan berikutnya dan berikutnya lagi. Trust me!

sumber gambar: http://vyshunseen.blogspot.com/2011/06/for-every-blogger.html

3 pemikiran pada “Apa yang Membanggakan dari Blogmu?

  1. bener jg ya, mas. jgn gampang berpuas diri, kalo bs ngembangin kemampuan atau apapun itu lbih dri sbelumnya. knpa tidak? Ya, kan, mas. 😀

Tinggalkan komentar